#INTERNSHIP Magang Experience @ The Body Shop Indonesia - Part I Daftar, Wawancara, Keterima

Nah skrg giliran gua sharing soal pengalaman internship gua di The Body Shop Indonesia (bisa lgsg di click aja buat liat company profile). Gua magang disini tahun 2018, tepatnya dari tanggal (gainget) Juli 2018 - Agustus 2018. Gua magang di bagian Legal nya (jatohnya in house ga sih ini kyknya), bukan jadi SPG yee pokoknya. Jadi legal nya TBS Indonesia tuh merangkap ke ngurusin Hotel Santika, Hotel Grand Luley Manado, dan lain-lain yang masih tergabung di bawah PT Monica HijauLestari. Jadi di legal gua ga cuma belajar soal hukum di bidang retail kecantikan tapi gua juga ngeliatin ribetnya bikin hotel wkwkwk. (nanti bahas lebih lengkap di Part II)


The Body Shop Indonesia ini tempat pertama kali gua magang seumur hidup gua. Jadi masih bener-bener blank bgt deh ga ada pengalaman apa-apa, dan waktu itu masih Semester 4 naik Semester 5. Dan ternyata gua juga anak magang pertama yang magang di legal division (pdhl sebenernya ga ada di pilihannya HAHA, tapi gua kyk masukin gua pengen tau hukumnya perusahaan beauty gitu terus dapet doong huhu terharu pdhl awalnya gua udh pasrah dimasukin mana aja gua mau)

Waktu itu gua di kasih tau The Body Shop Indonesia - 2018 Internship Programme ini dari senior gua Mba Monic (huaaa emg baik bgt ini Sekum BLS 2018 gua, love). Tadinya gua tuh mau magang di legal in house nya McD, tapi karena jauh bgt di Gading gua ga jadi, tapi gua kasihin ke temen gua si Veren sama Caleb (jd yang mau tanya-tanya ke mereka silahkan wkwkwk). Terus gua udh pasrah males magang tp tbtb rejeki emg ga kemana. The Body Shop ini lokasinya di Bintaro deket Giant Sektor 7 jadi dari rumah gua bener-bener tinggal ngesot.

Lokasi The Body Shop Indonesia

Ok lanjut dr awal daftar ya, kan gua cek lowongan nya ada linkedin nya The Body Shop Indonesia terus connect ke urbanhire. Kalo skrg gua liat, lowongannya ada buat ini:
  • Brand Marketing
  • Commercial
  • Corporate Affairs & Sustainability
  • Customer Relationship Management
  • E-Commerce
  • Finance
  • Human Resources
  • Information Technology
  • Public Relations
  • Retail Operations
  • Social Media
  • Store Development
  • Strategy Management
  • Supply Chain Management

Nah kaga ada legal kan, gua kira dulu legal tuh di bawah Corporate Affairs & Sustainability jadi yauda gua daftarnya Corporate Affairs & Sustainability sama Social Media (karena gua canggih lah kalo sosmed mah wkwkwk). Ternyata di The Body Shop Indonesia, legal division tuh ada di bawah nya Finance, WKWK emg gua juga gatau kenapa gua suka dodol gini :( udh awalnya sotoy asal daftar, salah pula...

Requirements nya kayak gini kalo tahun 2019, seinget gua sama aja tahun lalu juga.

  • Active undergraduate students, currently in 1st - final year of study from reputable universities with these related majors: Business, Management, Finance, Communication, Public Relations, Psychology, Computer Science, Information System, Industrial Engineering, Pharmacy, Business Administration, Graphic Design, Interior Design, Architecture
  • Interested to learn about ethical & sustainable retail business
  • Passionate about environmental & social welfare issues
  • Great English communication & Teamwork skills
  • Dynamic, fast-learner, and ready to take on a live project

Kaga ada tuh jurusan hukum, gua udh bilang gua anaknya tuh nekat, cobain aja dulu dah se-dapetnya. Berhubung gua suka banget juga sm The Body Shop. Menurut gua kalopun gua ga bisa magang di bidang hukum, setidaknya gua bakal tetep dapet ilmu juga (apalagi kl masih ada hubungan sm medsos, influencer, etc gua mah sikat aja)

Lalu yaudah gua daftar isi form, upload CV (CV gua beda sama CV waktu daftar AALF), yang ini gua ga pake cover letter, karena udh ada form nya enak gitu pokoknya. OH IYA gua daftar bener2 mepet bgt sehari sblm ditutup (tgl 29 Mei 2018).

CV gua juga cuma 2 halaman, masih alakadarnya bgt pake Microsoft Word doang bikinnya. Terus semua yg gua masukin kesitu mostly yg ada hubungannya sm beauty (waktu SMA kan gua pernah menang L'Oreal Girls Science Camp, jadi gua masukin). Berhubung gua jg belom pernah magang samsek waktu itu jadi yaudah gua mengerahkan pengalaman SMA gua juga.


Harap-harap cemas udh pasrah krn mepet closing recruitment, tgl 2 Juni 2018 gua dpt email notifikasi kalo form gua udh di review pihak TBS Indo, kalo gua lolos tahap selanjutnya bakal dihubungin lgsg sm TBS Indo. Eh tapi kok gua ga di contact2... kyknya ga lolos. EHH terus tgl 14 Juni 2018 gua dapet email ini....


Gila seneng bgt kea kesurupan, lgsg aja gua gercep jawab pake bahasa Inggris gua bisa.


Terus tgl 19 Juni 2019 dapet deh link invitation Video Interview nya lewat Astronaut. Itu video interview kyk ada pertanyaan, terus gua jawab rekaman pake webcam gitu. Tiap pertanyaan dikasih waktu 30 detik kyknya (lupa). Gua masih ada gua photobooth dulu sblm Video Interview HAHAHA.




Seinget gua pertanyaannya lebih ke psikologi gitu, kenapa mau masuk, milih mending a atau b. Gitu deh gua udh rada lupa, tapi yang jelas ga susah sama sekaliii. Menurut gua Video Interview ini kreatif bgt sih... nah gua cuma dikasih 1 kali trial, terus 1x yang direkam beneran tiap pertanyaan. Jadi kl nervous ya bisa ulang second chance. PAKE BAHASA INGGRIS ya pertanyaan + jawabannya.

Ok lanjut setelah video interview, tgl 21 Juni 2018 dapet email lagiii...


Lolos lagiii Video Interview yuhu, dan tiba2 Business Function nya LEGAL. Gila seneng bgt pas liat... pdhl ga ada tuh di lowongan. Yauda akhirnya gua dtg interview di Kantor The Body Shop, diwawancaranya sama Kak Michelle (HR The Body Shop Indonesia) dan Pak Rizky (Legal Manager The Body Shop Indonesia). Yang gua bawa cuma CV aja sama alat tulis.

Awal kayak perkenalan diri, ditanya seputar CV, ditanya ini magang disuruh kampus apa emg kemauan sendiri, kenapa mau magang di The Body Shop, terus ditanya soal L'Oreal juga waktu itu yang gua menang lomba ampe dibawa ke Shanghai, ditanya kehidupan gua sebagai influencer juga. Pokoknya wawancaranya rileks bgt deh ga tegang sama sekalii. Dan ga ditanya soal hukum juga wkwkwk mungkin karena gua belum pernah magang dan masih anak Semester 4 ke Semester 5 ngerti apaan gitu kali ya... Terus yaudah seperti biasa gua nanya balik ttg Scope of Work, Working Hour, Office Attire nya gimana, dsb.

Ga ada test tertulis tentang hukum hehe, jadi User Interview itu udh tahap terakhir. Dan beberapa jam kemudian setelah gua pulang, gua di Whatsapp katanya keterima dan bisa langsung ttd kontrak besoknya. WAAA seneng bgt, ga deg2an ampe lama. Yaudah besoknya gua tanda-tangan kontrak, dijelasin soal gaji yaitu dapet uang transport aja per-datang RpXX.XXX (rahasia juga) yang digajinya di akhir bulan. Terus gua request sertifikat juga untuk keterangan kelar magang.

Well segitu dulu aja, karena ntar detail lebih lanjut bakal ada di Part II.

*disclaimer: ini based on my own experience, jadi... mungkin akan berbeda2 hokinya setiap orang yakan... :)

See u on the next post!

Lots of love,
@dndea

Post a Comment

0 Comments