#INTERNSHIP Magang Experience @ Ariyanto Arnaldo Law Firm (AALF) - Part I Daftar, Wawancara, Keterima

Helluuuu, jadi postingan kali ini kudedikasikan untuk teman-teman pejuang di Dunia Hukum (WKWK senasip dan seperjuangan sm gua). Sebenernya basic-nya adalah karena gua dari dulu bener-bener clueless soal dunia per-magang-an terutama di bidang hukum (karena keluarga gua gada yang hukum juga) dan gua termasuk manusia yang lumayan jarang berkomunikasi dgn senior karena takut/canggung. Dan most senior kalo ditanya biasanya ga ngejelasin se-lengkap itu.. Nyari-nyari blog pengalaman org magang juga susah banget jujur. Sehingga lgsg gua nyobain aja nyemplung dengan ketidaktahuanku ini. Which means Ariyanto Arnaldo Law Firm (AALF) adalah lawfirm pertama yang gua magangin, dan ini gua lakukan di liburan Semester 6 ke Semester 7 selama 2 bulan. Jadi AALF ini tuh terkenalnya sebagai lawfirm litigasi (banyaknya praktek sidang-sidang gitu ke PN, dan mostly kasus pidana/perdata pokoknya yg harus sidang-sidang PN gitu). Tapi lengkapnya kalian bisa cari tau sendiri ke website nya di https://www.ariyantoarnaldo.com/about disitu lengkap deh, gua ga akan bahas company profile disini wkwkwk



Gua daftar kyk bbrp minggu setelah ada acara DOLC FH UI 2019 (oh iya sebelumnya gua juga ikut Workshop nya AALF di DOLC nya dulu), tapi gua telat daftar magangnya (ga daftar pas DOLC) soalnya sehari setelah Workshop DOLC gua kena gejala tipes gitu ampe ga masuk kuliah seminggu.. Ok lanjut aja langsung ke detik-detik gua wawancara ya. Step awalnya kan kayak biasa aja gitu, masukkin Cover Letter, CV + Transcript Nilai, blabla sampai akhirnya dipanggil disuruh wawancara di Ariyanto Arnaldo Law Firm yang lokasinya di Lantai 35, Equity Tower, SCBD. Gua bolos tuh kelas ilper hari Senin (sebenernya bisa aja masuk, cuma ga ah gua ga tenang kl kuliah dulu, btw gua FH UI KKI 2016)

Apa aja yang gua bawa pas wawancara?
Gua bawa print out Cover Letter, CV + Transkrip Nilai, alat tulis dan buku-buku hukum (KUHP, KUHAP, Hukum Perjanjian, HIR, pokoknya semua yang ada di rumah gua dah. Tapi kemaren gua bodoh bgt ga bawa KUHPer & KUHD karena ketinggalan di Apartemen gua di Taman Melati, Depok, sedangkan gua berangkat dari rumah di Bintaro -_- padalah sehari sebelumnya gua udh di kasih tau kalo abis wawancara, bakal ada tes tertulis yang cuma boleh open book (ga boleh open internet samsek).


CV gua kyk gini cuma masukin yang menurut gua cukup relevan aja
 (dan ada kesalahan fatal yaitu typo nulis AALF nya... 
terus di-notice, jujyur panik banget akyu jadi minta maaf aja pasrah)

Datang lah aku 15 menit lebih early dibanding jadwal (jujur gua kalo mau wawancara tuh selalu mules gajelas), dengan tote bag berat gils karena isinya buku semua HAHA. Gua diwawancara oleh Pak Arnaldo (Senior Partner di AALF) dan Mba Chika (HR di AALF), kurang lebih ditanya soal isi CV gua gitu, kegiatan di kampus, organisasi apa yang gua ikutin, gua jadi Sekre BLS ngapain aja, apa yang gua tau soal lawfirm nya, peminatan apa, pengalaman gua magang sebelumnya di The Body Shop dan kenapa mau magang di AALF. Yaa kurang lebih pertanyaan seputar itu lah seperti biasa kalau wawancara, go with the flow, dan ga se-tegang yang gua takuti, karena ditanya soal hobby juga, berhubung gua suka banget nonton jadi ngomonginnya film, dan kegiatan lain di luar kampus (kebetulan kan gua lagi bergelut di dunia influencer juga kan, jadi yaudah gua cerita aja).

Dan Alhamdulillah... gua ga ditanya soal hukum pas wawancara (sebenernya gua udh parno gua bakal panik terus tiba-tiba bego). Menurut gua... wawancara gua yaa lumayan aman lah. Oh iya, biasanya selesai wawancara (ditanya-tanya) pasti pada akhirnya kita akan dikasih kesempatan untuk nanya mengenai lawfirmnya. Terus hal yang gua tanyakan adalah scope of work kayak gua bakal ngapain aja selama gua magang (kira2 tugas gua apa), tempat gua kerja bakal di kantor yang mana, dan working hour-nya, dan parkir-nya di mana karena gua bawa mobil. (Yang akan ku bahas after this, di blog post terpisah) 

Kantor AALF di Equity Tower


Udah selesai wawancara, masuklah aku ke sesi written test (Tes Seleksi Kompetensi) #RIP sumpah mo nangis liat soalnya HAHAHA ada kayak 4 halaman (halaman pertama full tata tertib, halaman kedua-keempat isinya soal semua penuh cyin). Soalnya full Bahasa Indonesia (jadi sebenernya sbg anak KKI gua rada kagok karena kebiasaan jawab essay pake Bahasa Inggris), Karena ingetan gua lumayan mantep, gua inget banget di tata tertib-nya dibilang kalo waktu gua cuma 2 jam (max. toleransi 15 menit) udah keringet dingin aja w liat pertanyaan sebanyak itu cuma 2 jam. Lalu karena gua ga bawa KUHPer + KUHD akhirnya gua memberanikan diri minjem... untungnya Pak Arnaldo baik bangeeet jadi dipinjemin beberapa buku juga... dan karena lagi ga ada KUHPer yang nganggur jadi boleh ngintip internet dikit tapi cuma boleh buka UU/Kitab aja (tapi sumpah jangan tiru kebodohan gua, jadikan ini pelajaran untuk kalian selanjutnya = ALWAYS BE PREPARED). 

Satu pesan yang gua inget banget, Pak Arnaldo bilang, ngerjainnya gapapa lewat waktu yang penting tulisan HARUS rapi. *lega* Pak Arnaldo baik banget deh pokoknya kayak malaikat, padahal gua udh parno banget... Dan pas test, gua juga ga diawasin kyk lagi UN gitu kok wkwk, ditinggal di ruangan sendiri jadi gua lumayan rileks gitu bisa berpikir sekuat tenaga. Walaupun dalem hati dag dig dug lgsg berasa bego kok susah bgt ini soal, mungkin karena panik juga jadi tiba-tiba rada amnesia gitu. Tapi mostly pertanyaannya udh pernah dipelajari sih di kampus, ga ada pertanyaan yang tiba-tiba complicated gitu, tapi ada beberapa pertanyaan yang emg gua ga tau jawabannya apaan (tetep gua jawab pake dasar hukum walaupun gua gatau itu bener apa kaga). Pokoknya semua soal gua jawab semampu gua dah, ga ada yang gua kosongin.

Kepo kan soal nya apaan WKWK. Mohon maap gua bukan memory card yang bisa merekam semuanya (apalagi gua lagi panik), dan gua udh tanda tangan non-disclosure agreement jadi gua cuma akan memberitahukan garis besarnya aje. Jadi tiap soal tuh ada waktunya. Jadi gua mencoba stick sm waktu di situ biar kelarnya on time 2 jam. Akibatnya tulisan w ancyur (ga deng emg tulisan gua jelek, jgn ditiru). Soal-soalnya kurang lebih tentang basic questions (pidana, perdata, corporate, tanah, ptun, prosedur2 acara, kondang), legal reasoning (jadi diliat alasan kalian milih jawaban kea gitu), dan pertanyaan psikologi nyerempet hukum. Yang gua inget banget cuma satu pertanyaan paling unik menurut gua yaitu, ditanya penting ga sih penampilan sebagai seorang lawyer. (Jawaban gua #YAIYADONGPENTING) yaa menurut gua di sesi pertanyaan psikologi nyerempet hukum ini ga ada yang salah ataupun benar karena lebih ke pendapat. 

Saran dari gua.. dalam mengerjakan soal jangan kepanjangan jawabnya karena cuma dikasih 1 lembar kertas folio bergaris yang 4 halaman itu (buat pertanyaan sebanyak itu), selain ga muat kalo jawab kebanyakan, menurut gua mending lu jawab singkat, padat, jelas, dan mantep. Daripada kebanyakan nulis tapi kaga ada intinya.

Kantor AALF yang di Gunawarman


Lalu selesai ngerjain pulang lah aku ke rumah. Sebenernya pas wawancara udah pede aja bakal keterima, tapi setelah ngerjain written test gua udah pasrah aja keterima bagus, engga yaudalah. Soalnya abis tes kan gua lgsg nanya geng gua jawaban gua bener apa kaga, terus ya ada beberapa yang ngaco tapi masih tolerable. Tapi ternyata besok paginya langsung di telpon diterima huehehe. Pas di telpon langsung nentuin mulai kerja kapan sampai kapan, terus dikasih tau gaji juga (sebulan kurang lebih segini RpX.XXX.XXX --> Rahasia, yang jelas cukup lah buat nge-cover bensin mobil dan makan siang, bahkan kalo lu irit bakal banyak sisanya bisa ditabung), dan dikasih tau kalau nanti gua bakal ditempatin di Kantor Gunawarman No. 30-33 Lantai 2 (sebelah salon Evergreen, dan di sebelahnya Blink Beauty yang klinik kecantikannya Sandra Dewi itu). Oh iya, gua pas ditelpon juga request Surat Keterangan Magang gitu buat kalau udah selesai magang. Jadi sudah pastilah waktu Magang gua dari tgl 10 Juli 2019 sampai dengan tgl 10 Agustus 2019. Tinggal tanda tangan kontrak nanti pas udah mulai magang.

Segitu dulu, lanjut lg di post selanjutnya. Soalnya nanti kalian eneg kl baca kepanjangan.

*disclaimer: ini based on my own experience, jadi... mungkin akan berbeda2 hokinya setiap orang yakan... :)

See u on the next post!

Lots of love,
@dndea

Post a Comment

1 Comments

  1. hai, mau nanya, apakah interviewnya menggunakan bahasa inggris? thank you :)

    ReplyDelete